Jumat, 28 Desember 2012

PASAR PERSAINGAN SEMPURNA


PASAR PERSAINGAN SEMPURNA

Pasar persaingan sempurna adalah pasar yang menjual barang-barang yang homogen atau setidaknya terlihat sama oleh konsumen dan ditandai dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak. Output yang dihasilkan oleh masing-masing indvidu lebih kecil daripada industri sehingga penjual hanya merupakan price taker.dan antara penjual dan pembeli tidak dapat menentukan harga. Dikarenakan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan barang-barang yang dijual sama maka produsen dan konsumen umumnya sama-sama mengetahui kondisi pasar. Informasi tentang harga sangat mudah didapat sehingga tidak ada penjual yang mendapatkan keuntungan yang lebih besar dalam waktu yang lama. Dikarenakan hal tersebut maka antara penjual dan pembeli tidak ada hambatan dalam keluar-masuk pasar karena antara penjual dan pembeli tidak ada yang menguasai pasar.
Tingkat harga dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh mekanisme permintaan dan penawaran. Kurva permintaan dalam pasar persaingan sempurna adalah semakin tinggi harga maka semakin rendah tingkat permintaan. Sedangkan kurva penawaran dalam pasar persaingan sempurna menujukan tingkat harga yang  horizontal terhadap jumlah barang yang ditawarkan. Namun walaupun kurva penawaran horizontal terhadap tingkat harga, permintaan  terhadap barang dapat naik atau turun. Untuk suatu waktu kurva penawaran pasar persaingan sempurna dapat sejajar pada tingkat harga dan jumlah penawaran yang dibatasi.hal ini dapat ditemukan pada barang baru yang memasuki pasar. Penjual umumnya membatasi penawaran guna menghindari produknya diketahui oleh penjual yang lain sehingga persaingan akan lebih longgar. Penjual pun menetapkan harga yang tinggi guna mencapai keuntungan yang sebesar-besarnya, namun keadaan ini tidak berlangsung lama karena lambat-laun industri juga akan memasok barang tersebut ke dalam pasar.
Walaupun harga dalam pasar persaingan sempurna ditentukan oleh meknisme permintaan dan penawaran, kebijakan pemerintah dapat juga mempengaruhi pasar persaingan sempurna. Barang-barang yang dipasarkan dalam pasar persaingan sempurna adalah barang yang umumnya bukan barang primer ( bisa barang sekunder ataupun tersier) maka dari itu industri kesulitan memasarkan barangnya bila tidak melalui pasar yang khusus memasarkan barang yang sejenis yaitu bentuk pasar persaingan sempurna. Dikarenakan kebijakan pemerintah yang membebani masyarakat misalnya,kenaikan harga bahan bakar maka secara otomatis masyarakat akan mendahulukan kebutuhan-kebutuhan yang lebih penting sehingga konsumsi akan barang-barang sekunder dan tersier akan dikurangi, akibatnya terjadi pernurunan permintaan terhadap pasar persaingan sempurna.
Melalui pernyataan diatas maka dapat disimpulkan ciri-ciri pasar persaingan sempurna adalah sebagai berikut:
-          Jumlah penjual dan pembeli banyak
-          Produk yang ditawarkan homogen
-          Konsumen memahami kondisi/keadaan pasar
-          Pemerintah tidak turut campur tangan dalam pembentukan harga
-          Penjual hanya sebagai price taker
-          Pembeli dan penjual bebas keluar-masuk pasar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar